Online ticketing atau yang biasa disebut dengan E-ticketing
(Electronic ticketing) adalah suatu proses dimana transaksi penjualan sebuah
tiket dari penjual ke pembeli dengan cara online atau tidak dengan cara manual
seperti menggunakan sebuah tiket yang berbentuk fisik kertas maupun dokumen
lainya. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital
dalam sistem komputer milik airline. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket,
pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk
masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk
membawa tanda bukti perjalanan.
E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan
mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket,
menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen
perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan teknololgi informasi, internet
kini muncul sebagai alternative system distribusi informasi travel. Internet
merupakan m edium yang sempurna untuk menjual paket perjalanan, karena internet
sanggup membawa jaringan supplier yang luas dan basis kostumer yang besar ke
sebuah market place terpusat. Adapun pengertian lain yaitu E-Ticketing, atau
penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli
tiket untuk acara lokal.
E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang untuk membeli
tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan
cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. Orang tanpa akses ke
internet dapat memesan tiket melalui internet publik di terminal atau
perpustakaan di Pusat Informasi dan Visitor Centre. Anda tak perlu lagi
menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan ‘keamanan’ tiket penerbangan nantinya.
Lupakan resiko hilangnya tiket, dicuri, tertinggal, atau bahkan tercebur air.
Bahkan E-ticketing memungkinkan anda, membelikan tiket untuk kerabat pada saat
mendadak.
Kegunaan atau menfaat E-Ticketing
Sistem ini akan memberikan Anda akses cepat dan mudah untuk
berbagai macam acara melalui satu situs. Ini dapat digunakan untuk membeli
tiket menggunakan kredit / kartu debit dan cek, yang banyak gerai tiket tidak
dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini juga sepenuhnya aman. Hal ini juga
berarti Anda tidak perlu membayar biaya untuk menyiapkan sistem ini atau
administrasi itu. E-ticketing menyediakan banyak manfaat diantaranya :
1. Biaya Simpanan – Mengurangi biaya yang terkait
dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau
mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos.
2. Buruh Simpanan – Mengurangi tenaga kerja yang
terkait dengan pencetakan dan mailing tiket. Potong bawah pada upaya yang
diperlukan untuk mengambil tiket untuk membeli Akan Panggil pesanan.
3. Aman dan Aman – E-Tiket selamat dan aman.
Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket. Kehadiran
sebenarnya Pelaporan – Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri
Anda acara dan ketika mereka tiba.
4. Instant Pengiriman – Tiket pembeli senang
menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak perlu menunggu surat atau
menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik
mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal
untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.
5. Informasi tambahan – E-Tiket menyediakan ruang
untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan
Anda mungkin perlu tahu.
6. Periklanan – E-Tiket menyediakan kemampuan unik
periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang
iklan pada web Anda tiket.
Langkah-langkah E-Ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakuklan guna
mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana dengan e-ticketing
kita repot mengantri dalam memesan tiket. Langkah-langkah E-Ticketing sangat
praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sabagai seorang mobile, sibuk dan
akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda.
Menelepon Call Center maskapai penerbangan yang dipilih. Langkah berikutnya
adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat melakukannya melalui
ATM, serta credit card. Call Center yang menjamin keamanan saat memasukkan
nomor credit card. Terjamin semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan
aman. Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya
di seluruh kantor penjualan tiket maskapai penerbangan (airport).
Contoh E-Ticketing
Saat ini permasalahan pelayanan transportasi udara yang sangat serius terjadi
di wilayah perkotaan terutama di kota-kota besar dan kota metropolitan didunia.
Dominasi pengguna pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang
dengan jumlah pesawat yang ada. pada akhirnya akan menyebabkan kepadatan
penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport). Hal ini Kondisi ini pada
akhirnya akan memunculkan problem klasik di setiap perusahaan maskapai
penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal penerbangan yang
tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan
tiket adalah dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai
penerbangan yang ada. Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan
kita dalam memperoleh tiket .
contoh perusahaan yang suda menerapkan
E-ticketing :
2. PT.Garuda Airlines
3. PT.Kereta Api Indonesia
Referensi
https://witanduty.wordpress.com/buat-usaha-melalui-internet-yuk/e-ticketing-pengantar-bisnis-informatika/
http://valdoalmubarak.blogspot.com/
0 Komentar