1. Biasakan Selalu Melihat Mini Map
Mini map yang terletak di ujung kiri bawah itu bukanlah tanpa fungsi. Dari peta kecil itu kita bisa melihat dan mengira-ngira posisi dari hero musuh. Saat tidak ada icon hero musuh yang terlihat di mini map, sebaiknya kamu mundur ke titik aman. Mengapa? Karena hal tersebut bisa jadi pertanda jika tim musuh sedang melakukan mobilisasi untuk membokong hero kamu.

     2. Jangan gunakan Auto-attack
Istilah auto-attack berkaitan dengan last hit, yang merupakan mekanisme terpenting bagi kamu dalam menguasai Dota 2. Mengapa kebiasaan ini harus kamu tinggalkan? Karena auto-attack hanya akan mempersulit kamu untuk mendapatkan last hit sebanyak mungkin.
Alasan kedua, auto-attack akan mendorong creep maju ke tower musuh. Yang mengakibatkan hero kamu berada dalam posisi yang berbahaya, karena hero musuh lebih mudah membokong hero kamu yang sudah terlalu maju dari batas aman.

        3. Selalu bawa Town Portal Scroll
Apapun hero yang kamu mainkan, sebaiknya selalu bawa item Town Portal Scroll, karena fungsi dari item seharga 50 gold itu adalah melakukan teleportasi. Mengapa item ini penting? Karena item ini bisa jadi penyelamat di saat kamu dikejar oleh hero musuh. Sedikit masukan tentang cara menggunakan Town Portal Scroll ketika dikejar-kejar musuh: carilah lokasi yang aman sebelum melakukan teleport.
Di sisi lain, Town Portal Scroll juga dapat menjadi penyelamat nyawa rekan setim kamu. Saat rekan setim tengah di-gank oleh musuh, kamu bisa segera melakukan teleport ke building/structure terdekatnya dan menyelamatkannya dari maut. Singkat cerita, sebaiknya sisakan 1 slot item untuk membawa Town Portal Scroll.

       4. Jangan terburu-buru membeli item sepatu
Boots of Speed, sebuah item yang harganya 400 gold. Item ini berguna menambah 45 movement speed. Para newbie Dota 2 biasanya langsung membeli item ini di awal permainan. DuniaGames sarankan sebaiknya janganlah langsung membeli item ini, karena gold awal kamu jauh lebih baik dibelikan item yang lebih berpengaruh di awal permainan seperti Tango, Healing Salve, Faerie Fire, Clarity, Magic Stick, Iron Branch, Stout Shield, Quelling Blade, dan masih banyak lagi.
Setelah memiliki 400 gold dari hasil farming, Boots of Speed bisa dijadikan salah satu opsi untuk item pertama yang dibeli untuk hero kamu.


      5. Kendalikan rune
Rune yang ada di dalam permainan Dota sangatlah membantu progress tim kamu. Pada awal permainan, akan muncul empat rune ‘Bounty’ yang akan memberikan gold ekstra bagi hero yang mengambilnya. Setiap menit genap, di sungai bagian bawah atau atas akan muncul juga berbagai macam rune, antara lain ‘Haste’, ‘Double Damage’, ‘Invisibility’, ‘Illusion’ atau ‘Arcane’, di mana semua macam rune ini bisa dijadikan alat bantu untuk membunuh hero musuh.
Jika kamu bermain di midlane, mengontrol rune merupakan sebuah kewajiban. Bagi yang berada di lane lainnya, bisa membantu mengingatkan pemain midlane atau dapat juga mengambilnya sendiri sebelum diambil oleh hero musuh.

Selain Tips & Tricks, teamwork atau kerjasama sangat dibutuhkan dalam game ini karena dengan kerjasama maka akan lebih mudah untuk memenangkan game.